Search
 

Blog

Obat Penyakit Kulit Eksim

Definisi Eksim

Istilah “Eczema” diambil dari bahasa Yunani yang artinya mendidih atau busa, kita mengenal Eczema dengan sebutan Eksim. Eksim atau Atopic Dermatitis adalah kondisi kulit yang gatal dengan ruam memerah, bisa muncul di sekujur tubuh . Hidup dengan Eksim bisa membuat tidak nyaman dan frustasi bagi penderitanya. Eksim itu sendiri menjadi salah satu dari sekian kelainan kulit yang paling sering terjadi. Area tubuh yang paling banyak ditemui terkena eksim adalah di belakang lutut, sikut tapi untuk bayi biasanya di kulit kepala, pipi, dagu, dan kaki. Anak kecil dan orang dewasa cenderung memiliki Eksim di bagian leher, pergelangan tangan, sikut, dan area tubuh lainnya yang bisa terlipat atau tertekuk. Penderita Eksim biasanya terdiagnosa saat masih bayi atau anak-anak. Gejalanya bisa berkurang atau berlanjut hingga masa dewasa.

Eksim Pada Bayi

Bahaya eksim pada bayi dapat dirawat dengan Baby Care Cream, Squalane-nya menguatkan dinding perlindungan kulit bayi dan juga Baby Facial Cream dengan kombinasi Pathenol-nya bantu hindari iritasi yang bisa terjadi di sekitar mulut bayi.

Pemicu Eksim

Eksim dengan rasa gatalnya yang intens, bila sudah muncul dapat membuat penderitanya menggaruk berlebihan dan akhirnya mengakibatkan kulit berdarah kemudian luka, meradang, dan rasa gatal yang berulang. Eksim dengan siklus gatal-menggaruk-dan-gatal-kembali ini bersifat turunan, bisa karena penderitanya sendiri yang memiliki riwayat atopi atau justru dari keluarganya. Individu dengan Atopic Dermatitis memiliki kelainan terkait imun tubuh seperti tingginya level Imunoglobulin E (IgE) dan cacatnya imunitas yang dimediasi sel, hal ini menyebabkan kesulitan individu dalam melawan infeksi jamur dan bakteri tertentu. Meski penyebabnya genetik (turunan), bila tidak ada faktor pemicunya maka Eksim tidak akan muncul dan kelainan ini tidak menular. Endogenous Triggers atau pemicu dari dalam, selain dari kelainan gen bisa juga dari stres, infeksi, dan hormon.

Faktor Luar Pemicu Eksim

Faktor luar dari tubuh atau Exogenous Factors bisa menjadi penyebab anda memiliki Eksim. Kulit anda memiliki Acid Mantle dan ini berguna sebagai pembatas. Acid Mantle bisa digambarkan sebagai dinding kuat yang menahan polusi dari luar dan ketika dinding ini melemah, kulit menjadi kering, sangat sensitif, dan rawan terkena Eksim. Tanda yang paling bisa dikenali adalah kekeringan kulit yang berlebihan dan ini diakibatkan dari kurangnya protein kulit yang dinamakan Filaggrins. Melihat kaitannya dengan faktor dari luar tubuh, ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu Eksim, seperti rendah tingginya kelembapan, lotion yang tidak cocok, baju berbahan wool yang kasar, berkeringat, bakteri Staphyloococcus, sabun atau deterjen, kegiatan yang mengharuskan berulang kali mencuci tangan seperti ditemui di pekerjaan yang berhubungan dengan higienis makanan.

Mencegah Eksim

Melihat pentingnya pembersih kulit yang anda gunakan terhadap kesehatan kulit, disarankan untuk ganti sabun biasa anda dengan Olive Face and Body Wash yang bebas sabun serta alkali sehingga tidak perlu khawatir dengan risiko kekeringan dan iritasi kulit. Jangan lupa untuk bangun dan perkuat mantel asam kulit dengan Sebamed Moisturizing Body Lotion, vitamin E didalamnya dapat mencegah radikal bebas dan bantu regenerasi sel kulit. Perhatikan bagaimana agar pemicu eksim tidak muncul dan kalaupun ada gejala pada kulit seperti ruam merah yang masih sedikit atau gatal yang belum berlebihan, coba ingat kembali makanan apa yang sudah dimakan atau baju seperti apa yang dikenakan, hindari semua itu agar gatal tidak berlanjut ke eksim.

2 Comments

  • moh arifin

    Beby kulit nya MERAH2 semunnya tlng kasih saran

    January 9, 2018 at 5:52 am
    • Fera

      Hai bunda, langkah awal untuk mandi gunakan Sebamed Baby Bubble Bath/Baby Cleansing Bar. Setelah itu oleskan dengan Sebamed Care Cream secara tipis2 dan sesering mungkin sampai iritasi hilang. Info lengkap hubungi CS di 021-27513646/081380158529. Tks

      February 28, 2018 at 3:40 am

Leave a Reply