Sebamed Indonesia

Kenali Flare Up Eksim dan Cara Mencegahnya

Kenali flare-up eksim – Apakah Anda atau anggota keluarga Anda ada yang mengalami eksim? Penyakit kulit satu ini dapat terjadi di kalangan usia berapapun, baik anak-anak maupun dewasa. 

Eksim juga tidak boleh Anda sepelekan. Sebab, ada satu fase eksim yang mana Anda mengalami gejala gatal dan meradang sangat hebat. Fase itu disebut dengan flare-up eksim. Apa itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Flare-up Eksim?

Flare-up eksim
Kondisi eksim | Sumber: Jiblet dari Getty Images

Sebelum Anda mengenal flare-up eksim, Anda perlu mengetahui definisi eksim. Eksim atau dermatitis atopik adalah kondisi kronis (umumnya jangka panjang) yang terjadi pada kulit. Karakteristik yang terjadi pada penderita eksim, yakni timbul bercak kulit yang terasa gatal dan meradang. 

Sementara itu, flare-up eksim adalah kondisi ketika satu atau lebih gejala eksim terjadi pada kulit. Untuk mengetahuinya, berikut beberapa gejala eksim yang umum terjadi. 

Gejala Eksim

Ciri khas gejala eksim adalah kulit gatal, kering, kasar, bersisik, meradang, dan iritasi. Kondisi ini dapat terjadi secara berkala dan jangka panjang. Bahkan, Anda kemungkinan besar akan sulit memprediksi kapan gejala eksim terjadi kembali.

Diketahui, eksim dapat terjadi di bagian tubuh apapun. Namun, biasanya menyerang pada area lengan, siku, bagian belakang lutut, atau kepala (pipi dan kulit kepala). 

Selain itu, ada beberapa gejala eksim yang bisa Anda identifikasi. 

  • Gatal tak tertahankan
  • Timbul bercak merah atau abu-abu kecoklatan
  • Timbul benjolan kecil yang mengeluarkan cairan ketika Anda garuk
  • Terdapat bercak kering dari cairan kekuningan (Pertanda infeksi)
  • Kulit menebal dan bersisik

Dalam hal ini, flare-up eksim dapat terjadi melalui lebih dari satu gejala. Misalnya, Anda sekaligus mengalami benjolan kecil dan bercak kering. Lalu, ada timbul bercak merah di area sekitar gejala eksim. 

Siapa yang Mudah Terkena Flare-up Eksim?

Meskipun eksim dapat terjadi di setiap kalangan usia, ada beberapa kalangan yang lebih mudah terkena eksim, diantaranya:

  • Kulit kering dan sensitif
  • Seseorang yang sering kontak benda berbahan iritan, kimia, dan kasar (contoh: wol)
  • Kondisi stres 
  • Seseorang yang memiliki alergi makanan
  • Infeksi saluran pernapasan
  • Diabetes 
  • Seseorang yang alergi terhadap bulu binatang
  • Seseorang yang peka terhadap penurunan suhu, kelembaban, dan keringat

Kondisi flare-up eksim juga dapat terkena bagi penyakit autoimun, seperti psoriasis. Hal ini membuat sistem imun kehilangan kemampuan untuk membedakan antara keduanya, yang menyebabkan peradangan

Cara Mencegah Flare-up Eksim

Meskipun gejala eksim sukar diprediksi, Anda bisa mencegahnya sejak dini. Hal ini untuk mengurangi eksim yang berujung ke fase flare-up eksim. Untuk itu, berikut cara mencegah flare-up eksim, diantaranya:

1. Menghindari Alergen Anda

Bagi penderita eksim, wajib untuk mengetahui alergen, misalnya kutu, bulu binatang, makanan, dan lain-lain. Alergen dapat memicu eksim yang berujung pada flare-up. 

Lalu, bagaimana cara menghindari alergen ketika di luar ruangan? Contohnya, jika Anda memiliki alergi makanan, pastikan untuk selalu tanya pelayan tentang menu yang bisa memicu alergi Anda. 

Bagaimanapun, Anda wajib membawa obat alergi untuk antisipasi yang lebih baik. 

2. Hindari Penggunaan Terlalu Banyak Deterjen

Rutin mencuci pakaian memang kebiasaan yang baik. Bagaimanapun, bagi penderita eksim, Anda perlu membatasi takaran deterjen ketika mencuci pakaian. 

Deterjen dapat memicu terjadinya flare-up eksim apabila sering berkontak dengan kulit Anda. Ditambah, jika Anda memiliki kulit kering dan sensitif, maka hal itu jadi lebih mudah untuk terkena eksim. 

3. Perhatikan Suhu Ruangan Anda

Pastikan untuk menjaga suhu ruangan Anda tidak terlalu panas.. Kelembaban sangat penting untuk mencegah gejala eksim lebih lanjut. 

Bagi Anda yang menggunakan AC, Anda bisa mengatur suhu ruangan, yakni 19-25 derajat celcius. Untuk penggunaan kipas, atur mode medium dan tidak mengarahkan langsung ke kulit Anda. 

4.Perubahan Gaya Hidup

Gaya hidup sehat sangat penting bagi setiap orang. Namun, sebagian orang ada yang sulit menerapkannya. Bagaimanapun, gaya hidup sehat akan berpengaruh terhadap pencegahan eksim maupun flare-up eksim Anda. 

Tipsnya, mulailah dari mengurangi stres yang merupakan pemicu eksim Anda. Cobalah untuk menjaga pola tidur, meditasi, mendengarkan musik santai, dan latihan pernapasan. Lalu, diikuti dengan memperhatikan pola makan dan hindari pemicu alergi makanan Anda. 

5. Perhatikan Perawatan Kulit 

Bagi penderita eksim, pemilihan perawatan kulit tidak boleh sembarangan. Diketahui, setiap komposisi atau kandungan skincare itu berbeda-beda di setiap brand-nya. Alhasil, Anda perlu selektif terhadap skincare yang baik untuk kulit sensitif agar meminimalisir gejala atau masalah kulit.

Tipsnya, Anda memilih perawatan kulit dengan formula yang cocok dengan kelembaban skin barrier manusia, yakni pH 5,5. Formula tersebut lebih mudah diserap tubuh dan memperbaiki lapisan pelindung kulit agar kulit tidak terlalu hiperaktif. 

Mulailah dengan pembersih untuk membersihkan badan saat mandi setiap dua kali sehari. Lalu, gunakan lotion yang mampu menjaga kelembaban kulit Anda saat di luar ruangan atau perubahan cuaca. Pelembap juga harus diperhatikan untuk memperkaya lipid wajah, serta meringankan kulit wajah yang kering dan sensitif.

Demikian, informasi seputar flare-up eksim dan cara mencegahnya. Jika Anda masih mengalami eksim hingga ke fase flare-up, sebaiknya bertindak segera untuk konsultasi ke dokter dermatologi. Hal ini untuk membatasi perkembangan dari fase tersebut dengan pemberian pengobatan yang sesuai.

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *