Sebamed Indonesia

Perbedaan face cleanser dan facial wash

Perbedaan Face Cleanser dan Facial Wash, Apa saja?

Perbedaan face cleanser dan facial wash – Meski sama-sama digunakan untuk perawatan wajah, ternyata ada perbedaan signifikan dari face cleanser dan facial wash. Perbedaan tersebut bisa menjadi acuan Anda dalam memilih produk perawatan kulit agar hasilnya lebih maksimal dan aman. 

Lalu, apa perbedaan face cleanser dan facial wash?

Perbedaan Face Cleanser dan Facial Wash

Sebagian orang mengira bahwa face cleanser dan facial wash adalah produk yang sama. Padahal, terdapat perbedaan yang mencolok diantara keduanya. Pada face cleanser, kandungannya tidak mengandung sabun. 

Alhasil, tekstur lebih encer dan tidak berbusa. Sementara itu, facial wash memiliki bahan dasar berupa sabun sehingga menghasilkan busa yang bisa pedih di mata dan membuat kulit kering. 

Selain itu, face cleanser sangat direkomendasikan untuk semua tipe kulit karena mampu menjaga pH (tingkat keasaman) kulit pada titik normal (4,5 – 5,75). Di sisi lain, beberapa facial wash atau sabun mempunyai tingkat keasaman atau pH >7. 

Kandungan face cleanser bisa direkomendasikan untuk perawatan kulit Anda yang aman. Sebab, face cleanser diformulasikan di pH yang ideal untuk menjaga skin barrier alami. 

Baca juga: Atasi Kulit Bersisik dan Kasar Dengan 3 Kandungan Terbaik!

Skin barrier secara alami yang dimaksud berada di pH sedikit asam (pH 5,5) yang mampu melawan bakteri/kuman. Dengan hal ini, face cleanser membantu mempertahankan pH kulit Anda ke titik ideal kulit. 

Sementara itu, facial wash umumnya mengandung isopropil (alkohol) dan sabun. Hal ini bermanfaat untuk membunuh bakteri/kuman. Namun, pemakaian facial wash secara jangka panjang, bisa mengikis minyak alami dan skin barrier. Alhasil, skin barrier tidak berfungsi maksimal yang membuat kulit jadi kering atau iritasi.

Rekomendasi Cleanser untuk Anda

Bagi Anda yang bingung mencari cleanser terbaik dan aman untuk kulit, pastikan Anda membaca rekomendasi di bawah ini. 

1. Gentle Facial Cleanser for Normal to Dry

Produk skincare satu ini merupakan pembersih wajah bebas sabun yang diformulasikan dengan pH 5,5. Hal ini mampu menjaga kelembaban kulit untuk tipe normal hingga tipe kering. 

Berbahan dasar alami sehingga lembut dan aman di wajah Anda. Skincare ini juga mampu meredakan peradangan, gatal, dan ruam kulit. Anda bisa melihat info selengkapnya di sini

2. Gentle Facial Cleanser for Oily and Combination Skin

Rekomendasi cleanser lainnya adalah Gentle Facial Cleanser for Oily and Combination Skin. Pembersih wajah bebas sabun ini juga diformulasikan untuk mencapai titik ideal kulit, yakni pH 5,5. Cocok untuk kulit wajah berminyak hingga kulit kombinasi. 

Pembersih wajah ini mampu menghilangkan sebum berlebih tanpa mengeringkan kulit, membersihkan jauh ke dalam pori-pori, lalu menjaga kulit dari kuman dan bakteri berbahaya. Anda juga bisa gunakan ini untuk meredakan peradangan, gatal, dan ruam. 

Lihat info selengkapnya di sini

Dua rekomendasi cleanser di atas telah direkomendasikan oleh dokter kulit sehingga aman dan bisa digunakan untuk daily skincare Anda. 

Itulah informasi tentang perbedaan face cleanser dan facial wash. Setelah mengetahuinya, Anda dapat lebih selektif pada beberapa produk face cleanser dan facial wash. 

Jika Anda masih kurang yakin, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui tipe kulit, jenis skincare, dan penanganan kulit yang tepat bagi Anda. 

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *