Sebamed Indonesia

Perlengkapan bayi saat mudik

7 Perlengkapan Bayi Saat Mudik, Apa saja?

Perlengkapan bayi saat mudik – Jika keluarga Anda bermudik dengan membawa bayi, pastinya ada persiapan tersendiri. Khususnya bagi Anda yang baru saja menjadi ibu, mungkin bingung saat mempersiapkan perlengkapan bagi Si Kecil. Namun, tenang saja, kami akan bahas tentang perlengkapan bayi yang wajib dibawa saat mudik. Baca artikel ini untuk informasi lengkapnya, ya!

7 Perlengkapan Bayi saat Mudik

Perlengkapan bayi saat mudik
Perlengkapan bayi yang wajib dibawa saat mudik. } Sumber: Creative Images

Tujuan membawa perlengkapan bayi saat mudik adalah memberi kenyamanan baginya selama perjalanan jauh. Tentunya, ketika bayi nyaman, orang tua pun merasa tenang selama perjalanan. 

Jadi, apa saja perlengkapan bayi saat mudik? Berikut list-nya!

1. Bawa Pakaian Ekstra yang Hangat

Salah satu perlengkapan bayi yang wajib dibawa saat mudik, yakni pakaian ganti atau ekstra. Selama perjalanan jauh, Si Kecil butuh berganti pakaian agar tubuhnya tercegah dari bakteri pakaian lamanya. Untuk banyaknya pakaian ganti pada Si Kecil, Anda perlu menyesuaikan kapasitas koper atau tas khusus Anda. 

Disarankan untuk membawa tas khusus bayi yang dapat diisi dengan popok, alas ganti popok, tisu, baju hangat, dan botol susunya. Hal ini lebih praktis dan pakaian Si Kecil tidak tersentuh dengan barang bawaan keluarga Anda. 

Untuk tambahan, Anda bisa membawa selimut atau mantel jika berada di suhu ruangan/cuaca yang dingin. Pastikan untuk menjaga bayi tetap hangat demi kenyamanannya selama perjalanan.

2. Thermometer dan Obat-obatan

Apa kendaraan yang Anda gunakan selama mudik? Apapun jenis kendaraannya, pastikan suhu badan bayi tetap normal sektar 36,5 – 37 derajat celcius. Untuk memantau suhu bayi, disarankan untuk membawa termometer.

Selain itu, bawa obat-obatan, dan kebutuhan vitamin untuk bayi. Hal ini demi mengantisipasi dan menjaga imun bayi dari penyakit selama perjalanan hingga sampai tujuan.

Bagaimanapun, sebelum mudik, alangkah baiknya Anda harus mengecek kesehatan bayi pada dokter. Hal ini untuk mendapat diagnosa yang tepat, apakah boleh membawa bayi saat mudik atau ditunda terlebih dahulu.

3. Khusus Mobil, Pakai Baby Car Seat

Bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan mobil, siapkan Baby Car Seat. Hal ini akan membantu bayi tetap aman dan nyaman selama bepergian jauh. Orang tua tidak perlu repot untuk menggendong bayi setiap saat. 

4. Susu dan MPASI Bayi

Mudik adalah perjalanan yang cukup lama, apalagi jika terjebak kemacetan. Maka dari itu, jangan biarkan bayi Anda kelaparan. 

Jika bayi belum mulai MPASI, maka ibu dapat memberikan susu ASI atau susu formula sesuai usianya. Namun, jika bayi sudah mulai MPASI, maka siapkan makanan yang paling baik dan sehat, seperti bubur susu yang dihaluskan atau sereal bayi bebas gluten.

Terakhir, apabila bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun, bawalah cemilan-cemilan sehat agar tidak kelaparan selama perjalanan. Cemilan sehat dapat berupa biskuit gandum, cereal bar, dan puding buah.

Sebelum memberikan susu ASI, formula, atau makanan untuk bayi, pastikan botol susu atau makanan ringan tetap bersih.

Perlu diketahui, setiap barang bawaan Anda dan bayi yang kotor, serta sisa makanan dan minuman harus ditaruh di plastik yang terpisah. 

5. Membawa Krim Ruam Popok

Selama perjalanan, ruam popok berpotensi terjadi karena bayi terlalu lama duduk atau penggunaan popok yang terlalu lama. Untuk itu, siapkan krim khusus ruam popok yang bisa menghindari bayi pada ruam popok atau biang keringat di area nappy-nya. 

Untuk memilih krim ruam popok yang tepat bagi bayi, pastikan mengandung panthenol yang mampu menyembuhkan luka dan regenerasi kulit. Lalu, kandungan untuk beri perlindungan kulit, seperti squalane dan lecithin. 

6. Membawa Mainan Favoritnya

Untuk mendukung kenyamanan perjalanan bayi, Anda bisa membawa mainan favoritnya. Letakkan mainan di dekat bayi Anda agar bisa memainkannya di kala bosan. 

Jangan lupa selalu memberi perhatian pada bayi dengan bercerita atau mengajaknya melihat pemandangan. Dengan begitu, bayi Anda merasa tetap diperhatikan dan disayangi oleh Anda. 

7. Membawa Pelembap Bibir dan Wajah

Terakhir, tak kalah penting ialah Anda perlu membawa pelembap bibir dan wajah untuk bayi. Menempuh perjalanan jauh, juga memicu timbul kotoran dan debu pada bayi. Apalagi, jika Anda berada di ruangan ber-AC terlalu lama dan menggunakan transportasi umum, seperti kereta, pesawat, atau kapal laut. 

Pastinya, Anda perlu membawa perawatan kulit, khususnya bibir dan wajah bagi bayi. Untuk pelembap wajah, dibutuhkan pelembap yang aman untuk kulit sensitif dan hypoallergenic. Hal ini demi mendapatkan perlindungan yang aman sekaligus maksimal pada wajah bayi dari kotoran dan sinar UV.

Tidak lupa untuk berikan pelembap bibir agar bibir bayi tidak kering. Pilihlah kandungan yang mampu menjaga kelembaban bibir, tetapi aman untuk kulit bibir bayi yang rentan. Kandungan yang dimaksud, seperti shea butter. 

Itulah beberapa perlengkapan mudik yang wajib dibawa. Ada beberapa barang yang opsional, bisa Anda bawa, seperti kereta dorong bayi (lipat), gendongan bayi, ekstra popok, ekstra dot, bantal menyusui, sikat botol, ekstra kaus kaki dan sarung tangan, buku cerita, kapas steril, dan ekstra camilan khusus bayi. 

Kembali lagi, hal itu dapat disesuaikan dengan kapasitas penyimpanan barang bawaan Anda saat mudik. Pastikan untuk berkonsultasi lebih lanjut sebelum perjalanan mudik bayi dan Anda kepada dokter. 

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *